arcelona kembali meraih kemenangan besar di Derby Catalan. Menjamu Espanyol di pekan 16 La Liga Primera, The Catalans menyudahi laga dengan skor 4-1.

Barcelona selalu tampil sebagai pemenang dalam tujuh pertandingan derby terakhir dengan Espanyol di Camp Nou. Catatan itu mereka perpanjang pada Senin (19/12/2016) dinihari ini saat meraih kemenangan telak 4-1.

Barcelona bukan cuma menang karena mereka juga melanjutkan tren mencetak gol banyak. Luis Suarez membuka keunggulan Barca dengan dua golnya di menit 18 dan 67, lalu Jordi Alba menambahkan pada menit 69. Tim tamu sempat memperkecil kedudukan setelah David Lopez mencetak gol, namun Barca kembali melebarkan jarak setelah Lionel Messi melesakkan gol keempat.

Dengan kemenangan ini Barcelona kembali naik ke posisi dua klasemen, mereka mengoleksi 34 poin hasil W10 D4 L2. Barcelona masih tertinggal tiga poin dari Real Madrid, yang tidak bertanding di Liga Spanyol pekan ini karena tengah berkompetisi di Piala Dunia Antarklub.

Jalannya Pertandingan

Setelah mendominasi permainan di menit-menit awal, Barcelona mencetak gol perdananya di laga ini saat pertandingan masuk menit 18. Semua bermula dari keberhasilan Javier Mascherano merebut bola di wilayah Barcelona dan langsung melepaskannya pada Andres Iniesta.

Dari tengah lapangan, Iniesta mengirim umpan panjang pada Suarez yang berlari di sisi kanan. Berhasil mengontrol bola dengan sempurna, Suarez juga berhasil menjaganya saat dijepit bek lawan sambil terus masuk kotak penalti. Tembakan terarah yang dilepaskan Suarez masuk ke gawang dan mengubah kedudukan jadi 1-0.

Unggul dalam ball possession hingga 67,3%, Barcelona juga melepaskan lima tembakan di sepanjang 45 menit pertama. Tapi cuma satu yang berhasil mengarah ke gawang, yakni tendangan Suarez yang berujung gol. Saat turun minum skor pun masih 1-0.

Barcelona langsung menggebrak di awal babak kedua. usai menerima umpan dari Iniesta, Messi melalukan cut in dan dilanjutkan dengan melepaskan tembakan. Tak ada gol dari upaya ini karena bola yang dia sepak tipis melenceng dari sasaran.

Di menit 50 Messi melepaskan umpan terobosan yang berhasil dikejar Suarez saat masuk ke kotak penalti. Meski berhasil mengusai bola, sepakan Suarez dalam posisi satu-lawan satu dengan kiper masih bisa dihalau Diego Lopez. Penyelamatan tersebut membuat Lopez cedera karena terkena kaki Suarez, diapun langsung digantikan.

Pendukung Barcelona harus menunggu cukup lama untuk menyaksikan terciptanya gol kedua, yang baru terjadi di menit 67. Gol ini tercipta berkat kerja keras Messi yang menari-tari melewati empat pemain lawan dan dilanjutkan dengan melepas tembakan yang dihalau kiper. Bola yang mental lantas direbound Suarez menjadi gol.

Belum hilang kegembiraan atas gol tersebut, Barca berhasil menambah jumlah golnya di menit 69. Kali ini Jordi Alba yang mencatatkan namanya di papan skor. Messi kembali punya peran besar dalam gol ini setelah dia setidaknya melewati tiga pemain lawan dan mengirim bola pada Alba. Meski sempat mengenai tangan kiper, bola sepakan Alba tetap masuk ke gawang.

Tertinggal tiga gol, Espanyol berhasil memperkecil ketinggalan saat pertandingan masuk menit 79. David Lopez Silva membuat kedudukan berubah menjadi 3-1 untuk mentuntaskan serangan yang dibangun dengan rapi oleh pemain Espanyol.

Di menit 90 Barcelona bisa kembali menambah jumlah golnya. Lolos dari jebakan offside sedari tengah lapangan, Messi menusuk dari sisi kanan. Sebelum masuk kotak penalti Messi mengirim bola pada Suarez, yang dikembalikan Suarez pada Messi dengan umpan lambung. Dapat bola di muka gawang, Messi dengan sontekan pelan berhasil memasukkan bola ke dalam gawang.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Mascherano, Alba; Denis Suarez (’66 Rafinha), Iniesta, Busquets (’75 Samuel Umtiti); Messi, Suarez, Neymar.

Espanyol: Diego Lopez (’53 Roberto); Javi Lopez, David Lopez, Reyes, Martin; Piatti (’79 Jose Antonio Reyes), Fuego, Diop, Jurado; Caicedo (’71 Oscar Melendo), Moreno.

LEAVE A REPLY